9/14/2014

Tugas matakuliah Perilaku Konsumen




Girardi Ade Firmanto mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Kuliah Perilaku Konsumen  IKK233  Sep 2014-Jan 2015
Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Text book :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
 


Catatan Kuliah Pertama


Saya Girardi Ade Firmanto mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.
Pada hari Senin, 1 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.
Kesan pertemuan pertama dari mata kuliah ini adalah susana yang menarik.  Ini terasa saat pertama Bapak Ujang masuk.  Beliau langsung meminta mahasiswa-mahasiswa untuk memikirkan sebuah kata yang bisa mewakili kata “konsumsi”.  Dekatan saya dan teman-teman mencari suatu kata yang mewakili kedalam catatan mereka.  Setelah itu belia meminta kami untuk menyebutkan kata tersebut dan apabila kata tersebut sama, kita mendapat hukuman untuk menyanyi dikelas.  Sontak teman-teman terlihat mulai merasa cemas karena kemungkinan kata yang mereka tulis bisa sama.  Ini membuat teman-teman sedikit memaksakan kata-kata yang mewakili kata tersebut.  Misalnya, ada yang menyebutkan: rekening bersama, ongkos kirim, nangis dsb.  Sementara saya mendengar kata-kata terlontar tersebut, saya sedikit berfikir.  Mungkin banyak teman-teman saya seorang kaskuser. Saya juga sedikit bingung apa hubungan antara konsumen dan nangis?  Mukin bener apa yang disebut Raditya Dika.  Kalau cewek melihat barang yang sama dengan harga lima ribu lebih murah dari yang ia beli dia akan nangis.  Oke, itu perilaku konsumen.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku dan selera.
Setiap orang di dunia ini pasti adalah seorang konsumen. Oleh karena itu, mempelajari perilaku konsumen ini cukup menyenangkan karena secara tidak langsung saya mempelajari mengenai diri saya sendiri dan juga orang lain di sekitar saya. Konsumen biasanya mengikuti trend yang ada atau yang sedang marak di kalangannya. Menjadi konsumen bukan berarti harus membeli apa saja yang diinginkan, melainkan harus berusaha untuk dapat melakukan pemilihan keputusan dalam menentukan barang atau jasa yang akan dikonsumsinya.
Konsumen bukan berarti tunggal atau hanya individu melainkan juga organisasi misalnya IPB yang melakukan kegiatan pembelian barang untuk kegiatan perkuliahan seperti meja, kursi, whiteboard, air conditioner, ataupun LCD projector. IPB pada posisi tersebut juga terhitung sebagai konsumen yaitu konsumen organisasi.
Sebagai konsumen, kepuasan dalam pemakaian produk barang atau jasa adalah yang utama. Oleh karena itu, saya harap setelah mempelajari ilmu ini yaitu saya dapat menjadi konsumen yang dapat melakukan pilihan yang tepat dalam memilih suatu produk dan jasa agar tidak menjadi konsumen yang konsumtif dan tidak cerdas dalam membuat keputusan pembelian produk barang atau pemakaian jasa yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar