Girardi Ade Firmanto mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.
Kuliah Perilaku
Konsumen IKK233 Sep
2014-Jan 2015
Department of Family and
Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak,
MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text book :
Ujang Sumarwan.
2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2
Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Catatan Kuliah Pertama
Saya Girardi Ade Firmanto mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Hutan,
Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.
Pada hari Senin, 1 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen
sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang
konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan
judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.
Kesan pertemuan pertama dari mata kuliah ini adalah susana yang
menarik. Ini terasa saat pertama Bapak Ujang masuk. Beliau langsung
meminta mahasiswa-mahasiswa untuk memikirkan sebuah kata yang bisa mewakili
kata “konsumsi”. Dekatan saya dan teman-teman mencari suatu kata yang
mewakili kedalam catatan mereka. Setelah itu belia meminta kami untuk
menyebutkan kata tersebut dan apabila kata tersebut sama, kita mendapat hukuman
untuk menyanyi dikelas. Sontak teman-teman terlihat mulai merasa cemas
karena kemungkinan kata yang mereka tulis bisa sama. Ini membuat
teman-teman sedikit memaksakan kata-kata yang mewakili kata tersebut.
Misalnya, ada yang menyebutkan: rekening bersama, ongkos kirim, nangis
dsb. Sementara saya mendengar kata-kata terlontar tersebut, saya sedikit
berfikir. Mungkin banyak teman-teman saya seorang kaskuser. Saya juga
sedikit bingung apa hubungan antara konsumen dan nangis? Mukin bener apa
yang disebut Raditya Dika. Kalau cewek melihat barang yang sama
dengan harga lima ribu lebih murah dari yang ia beli dia akan nangis.
Oke, itu perilaku konsumen.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga
yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar
dari selisih harga yang seharusnya. Kita sebagai konsumen sering kurang
memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk
saat ini pasar internasional sangat potensial karena adanya kesamaan perilaku
dan selera.
Setiap orang di
dunia ini pasti adalah seorang konsumen. Oleh karena itu, mempelajari perilaku
konsumen ini cukup menyenangkan karena secara tidak langsung saya mempelajari
mengenai diri saya sendiri dan juga orang lain di sekitar saya. Konsumen
biasanya mengikuti trend yang ada atau yang sedang marak di kalangannya.
Menjadi konsumen bukan berarti harus membeli apa saja yang diinginkan,
melainkan harus berusaha untuk dapat melakukan pemilihan keputusan dalam
menentukan barang atau jasa yang akan dikonsumsinya.
Konsumen bukan
berarti tunggal atau hanya individu melainkan juga organisasi misalnya IPB yang
melakukan kegiatan pembelian barang untuk kegiatan perkuliahan seperti meja,
kursi, whiteboard, air conditioner, ataupun LCD projector.
IPB pada posisi tersebut juga terhitung sebagai konsumen yaitu konsumen
organisasi.
Sebagai
konsumen, kepuasan dalam pemakaian produk barang atau jasa adalah yang utama.
Oleh karena itu, saya harap setelah mempelajari ilmu ini yaitu saya dapat
menjadi konsumen yang dapat melakukan pilihan yang tepat dalam memilih suatu
produk dan jasa agar tidak menjadi konsumen yang konsumtif dan tidak cerdas
dalam membuat keputusan pembelian produk barang atau pemakaian jasa yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar